LAYANAN (beta)

lamandaukab.go.id

Sistem Informasi Unit Layanan Pengadaan (SIULP)

SISTEM INFORMASI UNIT LAYANAN PENGADAAN (SIULP)

www.siulp.lkpp.go.id

 

Dalam rangka pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) di setiap Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi (K/L/PEMDA/I), Direktorat Pengembangan Profesi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) mencatat hingga akhir Februari 2015, jumlah ULP yang sudah terbentuk di K/L/I sebanyak 85 ULP atau sekitar 52.1% dari total 165 K/L/I di Indonesia. Sedangkan untuk Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten dan Kota), secara keseluruhan sudah terbentuk 454 ULP atau sekitar 85.3% dari total keseluruhan 542 Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Meskipun ULP telah terbentuk di sebagian besar K/L/I/Pemda/I, hingga saat ini kondisi ULP antar instansi masih sangat beragam. Keragaman tersebut misalnya dalam segi kelembagaan, sebagian ULP telah dibentuk sebagai unit struktural tersendiri dan sebagian ULP masih melekat (ex-officio) pada unit struktural yang ada. Selain itu, dari segi status kepegawaian anggota pokja di ULP, sebagian ULP telah memiliki anggota pokja yang berstatus permanen sebagai pegawai ULP atau telah bekerja penuh waktu di ULP. Akan tetapi di sisi lain masih terdapat anggota pokja pada sebagian ULP yang merangkap tugas sebagai pegawai di unit/satuan kerja lain. Keragaman kondisi antara satu ULP dengan yang lainnya menyebabkan adanya perbedaan kapasitas ULP dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Melihat kondisi tersebut, LKPP sebagai substansi pembina menyusun kajian tentang pengukuran tingkat kematangan organisasi ULP. Kajian ini bertujuan untuk menyusun variabel, sub variabel, indikator, dan tata cara pengukuran tingkat kematangan ULP. Melalui kegiatan pengukuran kematangan dapat dipetakan kondisi eksisting kapasitas organisasi ULP. Selanjutnya berdasarkan pemetaan tersebut, dapat disusun sebuah peta jalan (roadmap) pengembangan kapasitas ULP pada setiap K/L/Pemda/I.

Kematangan organisasi adalah kualitas proses manajemen yang dilakukan untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Kematangan organisasi ULP dalam kajian ini dibagi menjadi 5 (lima) tingkat. Kelima tingkatan tersebut adalah:

1. Initial;

2. Repeatable;

3. Defined;

4. Managed; dan

5. Optimized

 

Tingkatan-tingkatan yang ada disusun secara sekuensial, mulai dari tingkat inisial sampai pada tingkat akhir (tingkat terakhir merupakan tingkat kesempurnaan). Setiap tingkat kematangan organisasi ditandai dengan karakteristik proses yang terjadi pada suatu organisasi. Proses pencapaian setiap tingkat dilakukan secara berjenjang, artinya setiap tingkat akan dicapai apabila karakteristik proses organisasi tingkat di bawahnya sudah dilakukan. Selama pengembangan, sang entitas (ULP) bergerak naik dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya tanpa boleh melewati satu tingkatan, melainkan secara bertahap berurutan.

Variabel yang diukur dalam pengukuran kematangan organisasi adalah area proses manajemen yang menjadi aktivitas dari organisasi tersebut. Pada organisasi ULP, teridentifikasi ada empat (4) area proses atau variabel dalam melaksanan tugas dan wewenangnya. Masing-masing variabel selanjutnya diuraikan menjadi beberapa sub variabel yang meliputi:

Setiap sub variabel diuraikan ke dalam indikator yang menunjukkan kematangan organisasi. Adapun tingkat kematangan ULP berdasarkan variabel, sub variabel dan indikator dapat dilihat pada table 2 (terlampir).

Proses pengukuran tingkat kematangan pada ULP dilakukan dengan cara menilai kondisi setiap sub variabel berdasarkan indikator-indikator tersebut. Untuk menjamin validitas pengukuran, pencapaian tingkatan tertentu pada setiap sub variabel pada ULP harus dilengkapi dengan bukti dukung. Metode yang digunakan untuk mendapatkan bukti dukung adalah melalui studi dokumentasi, wawancara, dan atau observasi.

Berdasarkan hasil pengukuran, ULP diharapkan dapat menyusun roadmap dan action plan untuk meningkatkan kematangan sub-sub variabel hingga mencapai level akhir. Dalam proses implementasi hasil kajian ini, diperlukan pendampingan, monitoring evaluasi dari Pimpinan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi dalam mengembangkan organisasi ULP.

 

 

 

Direktorat Pengembangan Profesi

Deputi Bidang Pengembangan Dan Pembinaan Sumber Daya Manusia

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah



Kompleks Rasuna Epicentrum

Jl. Epicentrum Tengah Lot 11B Jakarta Selatan 12940

Call Center : (021) 29935577 | (021) 50205577

Contact Person Admin SIULP : Rosi Anindhita (081319779518)

Email : siulp2015@gmail.com